PECEL LARON

  13 Agustus 2018  |  DESA SUKOJATI

Branding Mobil Pelayanan Desa Sukojati " PECEL LARON "

Sejenak kita amati perilaku hewan dimusim hujan ini untuk dijadikan pelajaran dalam perilaku kehidupan agar kedepan lebih baik.

Laron adalah rayap yang telah bersayap dan keluar dimusim hujan untuk mencari pasangan hidup guna melahirkan rayap-rayap generasi penerus mereka. Yang unik laron-laron beterbangan mencari cahaya lampu-lampu malam dan cenderung memilih cahaya lampu yang paling terang diantara lampu-lampu.

Cahaya ada dua makna cahaya sebagai bentuk Nurillah (cahaya kebenaran Tuhan) dan juga cahaya sebagai bentuk kekuasaan. Laron-laron senantiasa mencari cahaya terang bila ada yang lebih terang lagi laron akan berpindah kecahaya tersebut. Kenekatan keberanian dalam mendekati cahaya lampu tersebut derasnya hujan hingga kematian mengancam dirinya laron-laron tetap maju hingga dapat menggapai cahaya paling terang.

 

Namun ketika telah mencapai cahaya paling terang tersebut, laron-laron berjatuhan dan sayapnya rontoh, berjalan kembali kekubangan tanah liat untuk melahirkan generasi penerusnya,dan tidak terbang lagi menggapai cahaya tersebut karena dia menyadari dirinya tak kuat dan tak bersayap lagi.

 

Ada dua hikmah dalam perilaku laron-laron tersebut untuk patut kita teladani yaitu:

Pertama dalam mencari cahaya kebenaran/kebaikan senantiasa mencari cahaya yang paling terang dari cahaya yang ada bukan mencari cahaya yang redup. Semangat berani menerjang badai bahkan rela mati dalam menggapai cahaya tersebut.

 

Sebagai manusia tentulah ingin menggapai sebuah cita-cita yang diangan-angankan,dalam menggapainya tentulah harus dengan kesungguhan hati pantang menyerah hingga meraih cita-citanya. Seabagaimana kegigihan laron-laron menggapai cahaya lampu.

 

Kedua ketika laron-laron menggapai cahaya tersebut, terjatuh dan tidak rakus untuk terbang lagi menggapainya namun mempersiapkan generasi penerusnya untuk menggapainya kelak.

Cahaya sebagai perlambang kekuasaan, hendaknya ketika meraihnya dengan ketulusan dan kesungguhan akan tetapi ketika telah meraihnya tidak rakus untuk meraihnya kembali namun mempersiapkan generasi penerus pemimpin bangsa untuk meraihnya, karena harus menyadari dirinya sudah tidak mempunyai sayap-sayap kepiawaian, ketegaran dan kecerdasan untuk meraih dan mengemban kekuasaan tersebut.

 

Laron-laron yang rendah hati tersebut hendaknya jadi tauladan bagi kita untuk senantiasa meraih cita dalam hidup. Dan juga jadi contoh bagi politikus negeri ini agar tidak rakus meraih kekuasaan lagi karena sayap-sayap mereka telah rapuh dan rontok dan tak akan mampu membawa negeri ini kearah yang lebih baik, namun akan sebaliknya akan terpuruk kejurang kesengsaraan.

 

Sudah saatnya cahaya kekuasaan negeri ini diraih oleh laron-laron yang baru lahir yang sayap-sayapnya kokoh dimusim penghujan perpolitikan negeri ini, bukan laron-laron musim hujan politik yang lalu yang telah rontok sayapnya.

 

Jadilah laron yang berkarakter, dan rendah hati.

mari membangun desa kita tercinta tanpa ada tendensi atau kepentingan pribadi dan golongan.

Contact Details

  Alamat :   Jl Raya Sukojati No 25
  Email : dsukojati@gmail.com
  Telp. : 082336901919
  Instagram : @pemdessukojati
  Facebook : https://www.facebook.com/pemdes.sukojati.1
  Twitter : https://twitter.com/


© 2021,   Web Desa Kabupaten Banyuwangi